Packinglah Dengan Aman Barang Yang Akan Anda Kirim

Pembagian Kelas Dalam Barang-Barang Dengeraus Goods
Pengiriman barang menggunakan kapal Pelni

Packinglah Dengan Aman Barang Yang Akan Anda Kirim

Saat kita akan pelakukan pengiriman barang, kadang kita kita khawatir apakah barang yang kita kirim akan selamat sampai ditujuan. Apalagi barang yang kita kirim adalah barang yang harganya mahal dan rawan rusak.

Packing adalah suatu wadah atau tempat dibagian luar barang yang digunakan untuk melindungi isi barang yang akan dikirim. Jenis packing bervariasi tergantung dari isi barang yang akan dikirim. Packing bisa berupa box karton, palet kayu/triplek, plastik, maupun sterofoam. Jenis packing mapun kekuatan

packing sangat mempengaruhi apakah barang anda bisa selamat tiba tanpa kerusakan yang berarti.

Dalam proses packing ini perlu dilihat beberapa hal: jenis barang (pecah belah, cairan, makanan, dan sebagainya) beberapa ekspedisi tidak mau mengangkut barang pecah belah jika packing yang kita buat tidak kuat. Untuk pecah belah biasanya dilakukan packing tambahan berupa packing kayu. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap harga packingnya.

Perlu di-ingat dalam proses pengiriman barang akan banyak dilakukan proses handling, mulai dari barang di ambil di tempat anda, di gudang ekspedisi, pada saat dimuat di kendaraan (truk) atau pada saat proses pemuatan di pesawat maupun setelah barang tiba di tujuan. Semakin banyak handling yang dilakukan maka semakin besar juga resiko kerusakan barang. Jadi jenis packing akan mempengaruhi barang tersebut rusak atau tidak sampai di tempat tujuan.

Jika anda mengirim barang melalui udara, sebaiknya tanyakan dulu ke perusahaan pengiriman barang tersebut seberapa besar / berat barang yang diperbolehkan naik melalui udara. Karena untuk tujuan-tujuan tertentu kita tidak boleh mengirim berat barang lebih dari berat yang telah  ditentukan.

Misal hanya dibatasi per koli (box) cuma 50 kg atau 70 kg saja tergantung perusahaan penerbangan. Lebih dari 50 kg atau 70 kg harus dibagi menjadi beberapa koli. Hal ini dikarenakan apabila berat barang lebih dari 50 kg, barang tersebut akan di kenakan surcharge karena sudah dikategorikan heavy cargo oleh penerbangan. Besarnya surcharge antara 25% sampai dengan 100%, hal itu tergantung pada berat kiriman per koli.

Begitu juga dengan dimensi/ukuran barang, dikhawatirkan barang yang akan anda kirim melebihi pintu masuk pesawat, sehingga barang kiriman anda tidak bisa masuk bagasi pesawat. untuk ukuran dimensi pesawat komersial P : 150 cm , L : 75 cm , T : 80 cm , jika kiriman anda melebihi ukuran tersebut, kiriman anda harus menggunakan pesawat khusus, namanya pesawat cargo.

Sedangkan untuk pengiriman melalui jalur darat atau laut, berat dan dimensi packing tidak terlalu menjadi masalah. Tinggal kita menyesuaikan jenis angkutan yang kita butuhkan.

Beberapa jenis packing:

online visitors counter